image Rektor UMRI Resmikan Bengkel SMART Fakultas Teknik dan Ajak Mahasiswa Manfaatkan Peluang Teknologi

Rektor UMRI Resmikan Bengkel SMART Fakultas Teknik dan Ajak Mahasiswa Manfaatkan Peluang Teknologi

Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Dr. Saidul Amin MA, secara resmi meresmikan pembukaan Bengkel SMART yang dikelola oleh Program Studi Teknik Otomotif pada pagi Rabu (17/01/2024). Lokasi bengkel ini berada di Kampus I Umri atau Kawasan Gedung Dakwah Muhammadiyah Riau Jalan KH Ahmad Dahlan dan diberi nama Bengkel SMART (Service, Modification, Accessories, Restoration, dan Tes Perfomance).

Grand launching ini dihadiri oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau, DXr. Eng. Yusri Rasul, S.Pd., ST., MT., Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Pekanbaru, Jabarullah, S.Sos., Majelis Dikdasmen PNF PWM Riau, Dekan Dr. Indra Hasan, MT., serta sivitas akademika Fakultas Teknik Umri, Kepala SMK Muhammadiyah di Kota Pekanbaru, Mitra Rekanan, dan mahasiswa Umri.


Dalam sambutannya, Rektor Umri, Dr. Saidul Amin, MA., mengapresiasi kreativitas Dekan, Wakil Dekan, dosen, dan mahasiswa dalam peresmian bengkel ini, dengan harapan dapat mengembangkan jiwa entrepreneur pada mahasiswa. Ia menyatakan kebanggaan atas pemanfaatan peluang dan perkembangan teknologi yang diimplementasikan oleh mereka.

Saidul Amin juga mengingatkan mahasiswa untuk terus mengikuti perkembangan teknologi, karena bidang teknik perlu terus berkembang mengingat adanya transfer teknologi saat ini. Wakil Ketua PWM Riau, Yusri Rasul, menyebut bahwa bengkel ini sejalan dengan program Kemendikbud Ristek, yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), memberikan peluang kepada mahasiswa dan siswa SMK Muhammadiyah untuk mencari pengalaman dan peluang.

Dekan Fakultas Teknik Umri, Dr. Ir. Indra Hasan MT., menjelaskan bahwa bengkel SMART bekerja sama dengan dua mitra, yaitu PT. Capella Dinamika Nusantara Pekanbaru dan PT. Agung Toyota Pekanbaru. Dalam acara pembukaan, bengkel ini memberikan layanan kepada masyarakat sekitar dengan bantuan kedua mitra tersebut.


Pimpinan PT. Capella Dinamika Nusantara Pekanbaru, diwakili oleh Indra Parlindungan, menyatakan dukungan mereka terhadap kegiatan Fakultas Teknik Umri di bidang otomotif. Mereka siap membantu dalam diskusi mengenai pengelolaan bisnis untuk mencetak para entrepreneur dan berkontribusi pada perkembangan ekonomi di Pekanbaru.