Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan/Ahlan Wasahlan Ramadhan – Kalimat ini selalu kita dengar, baca dan disampaikan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Suatu ucapan penyambutan terhadap bulan istimewa yang sangat berarti, selamat datang ya ramadhan. Sambutan ini diiringi dengan rasa syukur dan suka cita dapat berjumpa lagi dengan bulan istimewa.

Bulan Ramadhan memang menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh umat Muslim karena berbagai keutamaan yang ditawarkannya. Tak hanya itu saja, terdapat 1 hari di dalam bulan suci Ramadhan yang jika kita mampu mendapatkannya kita akan memperoleh pahala layaknya seribu bulan.

Pada bulan Ramadhan umat islam akan melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh sebagaimana dinyatakan di dalam Al-Qur’an, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS Al-Baqarah/2: 183). Ayat ini berisyarat, kita sebagai umat yang beriman kepada Syari’at Islam adalah hamba-hamba Allah yang akan menerima tamu sambil menyambut “Selamat datang Ramadlan”. Sepatutnya sikap yang menerima tamu suci nan agung, adalah kita menyambutnya dengan lapang dada, penuh kegembiraan, tidak menggerutu, dan tidak menganggap kehadirannya “mengganggu ketenangan” atau suasana nyaman kita.

Bulan suci Ramadhan harus disambut dengan suka cita, mengisinya dengan berbagai amalan yang insyaAllah akan membawa kita pada Syurganya Allah.. Aamiin

Leave a Reply