Program Studi Mesin Otomotif (D3)

Status: Terakreditasi B

Sejarah Singkat

Program Studi Teknik Otomotif (D3) dahulunya bernama Akademi Teknologi Muhammadiyah (ATOM) Pekanbaru sebelum bergabung dengan Fakultas Teknik Universitas Muhammmadiyah Riau yang juga sebagai cikal bakal dibentuknya Fakultas Teknik. ATOM didirikan dengan SK Mendikbud RI tahun 1993 untuk jenjang Diploma III (D III) dengan SK No. 90/D/O/1993. ATOM adalah satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan program otomotif di Sumatera.

Keberadaan ATOM Pekanbaru adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang Teknik Otomotif, seiring dengan perkembangan teknologi otomotif yang meningkat pesat. Sebahagian besar alumi ATOM telah bekerja di berbagai bidang seperti, dosen, kontraktor, karyawan di berbagai perusahaan, pengusaha serta sebagian melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi.

Seiring dengan perkembangannya, ATOM menjadi cikal bakal terbentuknya Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau sehingga keberadaannya berubah menjadi program studi Teknik Otomotif D3 dengan SK peleburan dari akademi menjadi Universitas adalah dari Mendiknas RI dengan No. 94/D/O/2008 tertanggal 5 Juni 2008. Pada tanggal 23 – 25 April 2009, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Dirjen Dikti RI telah melakukan visitasi terhadap program studi D3 Mesin Otomotif, dan saat ini prodi D3 Mesin Otomotif telah terakreditasi B dengan SK No. 481/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XII/2014.

Visi

“Menjadi Program Studi D-3 yang unggul di tingkat Nasional dalam menciptakan enginer madya dibidang otomotif yang professional, menguasai IPTEK Otomotif, bermarwah dan bermartabat pada tahun 2030”.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang bermutu dibidang teknologi otomotif
  2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi bidang otomotif yang menghasilkan publikasi ilmiah dan mendapatkan perlindungan hak kekayaan intelektual (HaKI).
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dibidang teknologi otomotif yang dapat menggerakkan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Menjalinkerjasama dengan industri, pemerintah dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri
  5. Menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaaan dengan meningkatkan kreatifitas, inovasi dan pengembangan kepribadian mahasiswa.
  6. Menanamkan keyakinan dosen dan mahasiswa melalui pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional sebagai tenaga Enginer Madya dibidang otomotif.
  2. Menghasilkan mahasiswa yang kreatif, inovatif,mandiridan memiliki jiwaentrepreneur.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dosen dan mahasiswa ditingkat nasional dan Internasional.
  4. Terlasaksananya pengabdian kepada masyarakat dibidang teknologi otomotif yang dapat menggerakkan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  5. Terciptanya kemitraan dengan dunia Industri, pemerintah dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.
  6. Menghasilkan lulusan yang beriman, bertaqwa, serta memiliki integritas dalam menjalankan nilai-nilai Islam dan Kemuhammadiyahan.

Leave a Reply