Profil Fakultas Teknik

Pimpinan Fakultas Teknik 2018-2023

Dekan : Drs Yuhelson MT
Wakil Dekan : Sunaryo, ST.,MT
KA. Prodi Teknik Otomotif (D3) : Ir. Jusnita, ST., MT
KA. Prodi Teknik Mesin (S1) : Legisnal Hakim.,ST,MT
KA. Prodi Teknik Industri (S1) : St. Nova Meirizha, S.T., M.T 
KA. Lab. Teknik Otomotif : Ir.Denur, MM
KA. Lab. Teknik Mesin : Abrar Ridwan, ST.,S.Si.,MT
KA. Lab. Teknik Industri : Zayyinul Hayati Zen, S.T., M.T
Kepala Tata Usaha : Leni WK
Staff Tata Usaha : Yulia Delmi


: Atra Aldeka Putra

Sejarah Singkat Berdirinya Fakultas Teknik

Keberadaan Akademi Teknologi Otomotif Muhammadiyah (ATOM) sebagai cikal bakal Fakultas Teknik merupakan modal awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau dengan sebuah program studi Teknik Otomotif dengan tahapan sejarah mulai dari tahun 1993 sampai tahun 2008.

Dimulai atas prakarsa oleh beberapa dosen Akademi Teknologi Muhammadiyah Pekanbaru dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau sehingga dengan berbagai macam pertimbangan maka, pendirian Akademi Teknologi Muhammadiyah Pekanbaru dapat dimulai pada tahun 1993, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Mendikbud R.I. Nomor. 90/D/O/1993 tanggal 23 Juli 1993, dengan Program Studi Teknik Otomotif D3.

Setelah mengalami perkembangan dengan segala keterbatasan dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraannya selama 15  tahun, Akademi Teknologi Muhammadiyah bersama Akademi Keuangan dan Perbankan (AKPM) dan Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah memperoleh persetujuan Mendiknas  R.I. melalui Surat Keputusan Mendiknas RI Nomor. 94/D/O/2008, tentang  Pengembangan Program Studi di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Riau menjadi Universitas yang diberi nama Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Sejalan dengan perkembangan tersebut upaya-upaya berupa rintisan fakultas semakin diintensifkan dengan memulai memprogramkan tenaga pengajar untuk studi lanjut S2 dan S3, pembenahan manajemen, pengadaan peralatan laboratorium, dan studio, sebagai suatu syarat berdirinya Fakultas Teknik, sehingga Fakultas Teknik pada awalnya mempunyai  3 program studi yaitu;

o  Program studi Teknik Otomotif (D3)

o  Program studi Teknik Mesin (S1)

o  Program studi Teknik Industri (S1)

Mulai tahun 2008 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau berbenah diri dan dengan upaya dan kerja keras Pimpinan Fakultas Teknik beserta Tim Promosi Fakultas sehingga sampai sekarang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau telah mencapai jumlah 910 orang.

Untuk menunjang program tri dharma perguruan tinggi maka Fakultas Teknik saat ini memiliki staf pengajar yang terdiri  atas, S2=17 orang, S3 = 2 orang, staf administrasi 2 orang, laboran dan teknisi  2 orang.

Leave a Reply