Category Archives: profil

Program Studi Teknik Otomotif (D3)

Status Akreditasi : Berakreditasi

Sejarah Singkat

Program Studi Teknik Otomotif (D3) dahulunya bernama Akademi Teknologi Muhammadiyah (ATOM) Pekanbaru sebelum bergabung dengan Fakultas Teknik Universitas Muhammmadiyah Riau yang juga sebagai cikal bakal dibentuknya Fakultas Teknik. ATOM didirikan dengan SK Mendikbud RI tahun 1993 untuk jenjang Diploma III (D III) dengan SK No. 90/D/O/1993. ATOM adalah satu-satunya perguruan tinggi yang menyelenggarakan program otomotif di Sumatera.

Keberadaan ATOM Pekanbaru adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli di bidang Teknik Otomotif, seiring dengan perkembangan teknologi otomotif yang meningkat pesat. Sebahagian besar alumi ATOM telah bekerja di berbagai bidang seperti, dosen, kontraktor, karyawan di berbagai perusahaan, pengusaha serta sebagian melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi.

Seiring dengan perkembangannya, ATOM menjadi cikal bakal terbentuknya Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau sehingga keberadaannya berubah menjadi program studi Teknik Otomotif D3 dengan SK peleburan dari akademi menjadi Universitas adalah dari Mendiknas RI dengan No. 94/D/O/2008 tertanggal 5 Juni 2008. Pada tanggal 23 – 25 April 2009, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Dirjen Dikti RI telah melakukan visitasi terhadap program studi Teknik Otomotif D3 dalam rangka proses Akreditasi. Sehingga diharapkan dengan telah melalui proses akreditasi, nantinya program studi Teknik Otomotif D3 semakin maju dan berkembang.

Visi

Prodi. Teknik Otomotif D3 sebagai lembaga Perguruan Tinggi Muhammadiyah Riau yang mampu mengembangkan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang bermutu unggul dalam keimanan dan ketakwaan, berkepribadian mandiri, profesional, dan bertanggungjawab serta produktif, sehat jasmani dan rohani serta mampu memberikan pelayanan berdasarkan pengetahuan, teknologi dan ilmiah.

Misi

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki nilai-nilai akademik dan profesional yang dapat menerapkan da mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang manajemen.
  2. Membekali peserta didik cara berfikir sistematis dan logis untuk mengembangkan dan mengaalkan ilmu pengetahuan di bidang manajemen.
  3. Menyiapkan peserta didik yang memiliki semangat kepahlawanan dan mampu bersaing di era globalisasi.

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan, keunggulan akademik dan profesional menurut pendekatan MMT untuk dapat menerapkan, mengembangkan lmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional serta peradaban manusia.
  3. Mendukung pembagunan masyarakat masani yang demokratis dengan berperan sebagai kekuatan moral yang mandiri.
  4. Mencapai keunggulan yang kompetitif melalui penerapan prinsip pengelolaan sumber daya sesuai dengan azas otonomi pengelolaan yang profesional.
  5. Mampu menerapkan IPTEK dan sesuai dengan potensi alamiah di lingkungannya.

Program Studi Teknik Industri (S1)

Status Akreditasi : Berakreditasi

Sejarah Singkat

Perkembangan Industri Manufaktur dan Jasa di era globalisasi membuka peluang sumber daya manusia yang Profesional di bidang Industri. Teknik Industri salah satu bidang profesi yang mendapat tempat untuk berkompetisi dan berkemampuan di dalam pengelolaan Industri baik barang maupun jasa (Goods and Services). Atas dasar pemikiran di atas Universitas Muhammadiyah Riau mengadakan Program studi Teknik Industri. Teknik Industri merupakan salah satu Program studi yang ada di fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah. Program Teknik Industri masuk dalam fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau berdasarkan SK MENDIKNAS RI No. : 94/D/O/2008, tertanggal 05 Juni 2008.

Visi

”Program studi penghasil engineer yang berkompetensi tinggi, mampu menjadi penggerak dunia industri, unggul dalam IMTAQ serta berdayaguna di masyarakat.”

Misi

  • Mempersiapkan lulusan yang memiliki kompetensi yang tinggi dan  mampu menerapkannya di dunia industri.
  • Membentuk lulusan yang berakhlak, bermarwah dan bermartabat.
  • Melibatkan seluruh stakeholder dalam rangka meningkatkan mutu pengajaran.
  • Melaksanakan penelitian dan pengabdian yang berorientasi industri sebagai bentuk peran serta dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan

Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Industri yang profesional, berakhlak mulia, berdedikasi tinggi, berkepribadian nasional, serta mempunyai semangat pengabdian pada masyarakat dan Negara.

Program Studi Teknik Mesin (S1)

Status Akreditasi : Berakreditasi

Sejarah Singkat

Program Studi Teknik Mesin merupakan program studi baru hasil pembentukan dari Universitas Muhammadiyah Riau sebagaimana ditetapkan dalam SK Menteri Pendidikan Nasional No.90/D/2008 yang memiliki 5 (lima) Fakultas, satu diantaranya adalah Fakultas Teknik dimana bernaungnya Program Studi Teknik Mesin. Fakultas Teknik menyelenggarakan program pendidikan Sarjana dan Diploma 3 dalam bidang : a) Teknik Mesin (S1), b) Teknik Industri (S1) dan c) Teknik Otomotif (D3).

Meskipun Program Studi Teknik Mesin secara resmi baru berdiri pada tahun 2008, program studi yang diselenggarakan mempunyai sejarah yang panjang. Semuanya berawal dari dibentuknya Akademi Teknologi Muhammadiyah (ATOM) yang memiliki Jurusan D3 Teknik Otomotif. Dalam perjalanannya, kemudian Akademi Teknologi Muhammadiyah (ATOM) bergabung dengan Akademi-akademi di bawah Pengurus Muhammadiyah membentuk sebuah Universitas yang juga berkembang sesuai dengan tuntutan zaman.

Dengan tuntutan perkembangan industri dan tinjauan lapangan pekerjaan disekitar Provinsi Riau maka Program Studi Teknik Mesin membentuk bidang-bidang keahlian. Adapun bidang-bidang keahlian yang dimiliki Program Studi Teknik Mesin antara lain bidang keahlian Konversi Energi, Teknik Material dan Teknik Otomotif melalui berbagai kuliah pilihan yang ditawarkan.

Visi

Program Studi Teknik Mesin sebagai pusat penghasil engineer yang menguasai IPTEKS dan memiliki IMTAQ serta mampu bersaing di dunia industri dan berdaya guna dimasyarakat.

Misi

  1. Mempersiapkan lulusan dengan kompetensi dan profesionalisme yang tinggi dan mampu menerapkan di dunia industri.
  2. Membentuk lulusan yang berakhlak mulia, bermarwah dan bermartabat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengisi dan menciptakan lapangan kerja dalam bidang teknik mesin dengan jiwa kewirausahaan yang sesuai dengan pembangunan nasional.
  4. Melibatkan stakeholder dalam meningkatkan, menentukan arah dan mutu lulusan serta mutu pengajaran.
  5. Melaksanakan penelitian dan karya ilmiah bidang teknik mesin yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
  6. Melaksanakan pengabdian yang berorientasi pada masyarakat dan industri sebagai bentuk peran serta dalam meningkatkan kesejahtraan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki dasar moral, iman dan taqwa serta profesionalisme dengan kompetensi dengan daya saing yang tinggi di masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar teknik mesin dan mampu menyesuaikan dan mengembangkan diri terhadap kemajuan teknologi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menciptakan dan mengisi lapangan kerja dalam bidang teknik mesin dengan jiwa kewirausahaan yang sesuai dengan pembangunan nasional.
  4. Menghasilkan karya ilmiah bidang teknik mesin yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional.
  5. Menghasilkan karya inovatif yang memilikki keunggulan di bidang teknik mesin yang dapat diandalkan di regional, nasional dan internasional serta memperoleh hak intelektual.
  6. Menghasilkan sistem penyelenggaraan pendidikan teknik mesin yang efisien.

Tujuan

Tujuan

  1. Menguasai ilmu pengetahuan dasar dan teknologi dari prinsip-prinip keilmuan.
  2. Memahami metode-metode teknik dan kompetensinya dalam aplikasi, menyangkut :
    • Pengetahuan terhadap faktor-faktor interaksi dalam proses dan sistem.
    • Kemampuan untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar terhadap situasi baru.
    • Keahlian dalam membuat perkiraan dan dalam memilih pendekatan terhadap permasalahan.
    • Kemampuan untuk membuat penilaian teknik yang berintuasi.
    • Memiliki kemampuan berfikir yang panjang dan keaslian dalam merencanakan suatu peralatan bagi suatu tujuan yang telah ditentukan.
    • Pemahaman terhadap penganalisis  elemen biaya dan berkemampuan dalam hal dan faktor-faktor teknologi.
  3. Mampu untuk memilih keputusan penting dalam masalah teknik dan merepresentasikan dengan jelas dan tepat.
  4. Tertarik secara terus-menerus dalam pengembangan pofesi yang lebih jauh.
  5. Mampu Mampu untuk menghadapi perubahan teknologi yang cepat, saat  harus belajar lagi fakta – fakta bahkan prinsip secara cepat dan efektif
  6. Pengenalan terhadap perubahan kebutuhan stakeholder.
  7. Kualitas kewirausahaan.

Visi dan Misi

Visi

Menjadikan Fakultas Teknik sebagai lembaga pendidikan penghasil Engineer yang handal, unggul dalam IMTAQ yang mengutamakan skill dan mampu bersaing serta berdayaguna dimasyarakat tahun 2030.

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memenuhi perkembangan industri
  2. Pembentukan akhlak untuk menjadi Engineer yang bermarwah dan bermartabat
  3. Pemanfaatan sumber daya dibidang teknologi melalui kerjasama dengan stakeholder
  4. Mengembangkan mutu pelayanan program studi yang mengutamakan akuntabilitas dan demokratisasi melalui komitmen, komunikasi dan kerjasama

Profil Fakultas Teknik

IMG_20150206_172636

Pimpinan Fakultas Teknik

Dekan : Dedi Dermawan, ST, MT
Wakil Dekan : Ir. Japri, MT
KA. Prodi Teknik Otomotif (D3) : Ir. Jusnita, ST., MT
KA. Prodi Teknik Mesin (S1) : Sunaryo, ST, MT
KA. Prodi Teknik Industri (S1) : Satriardi, ST,M.Eng
KA. Lab. Teknik Otomotif : Ir.Indra Hasan, MT
KA. Lab. Teknik Mesin : Abrar Ridwan, S.Si., ST., MT
KA. Lab. Teknik Industri : Denny Astrie Anggraini, ST., MT
Kepala Tata Usaha : Raja Suci Harlizah, SE, MM
Staff Tata Usaha : Azwarly Hanef .S

Sejarah Singkat Berdirinya Fakultas Teknik

Keberadaan Akademi Teknologi Otomotif Muhammadiyah (ATOM) sebagai cikal bakal Fakultas Teknik merupakan modal awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau dengan sebuah program studi Teknik Otomotif dengan tahapan sejarah mulai dari tahun 1993 sampai tahun 2008.

Dimulai atas prakarsa oleh beberapa dosen Akademi Teknologi Muhammadiyah Pekanbaru dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau sehingga dengan berbagai macam pertimbangan maka, pendirian Akademi Teknologi Muhammadiyah Pekanbaru dapat dimulai pada tahun 1993, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Mendikbud R.I. Nomor. 90/D/O/1993 tanggal 23 Juli 1993, dengan Program Studi Teknik Otomotif D3.

Setelah mengalami perkembangan dengan segala keterbatasan dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraannya selama 15  tahun, Akademi Teknologi Muhammadiyah bersama Akademi Keuangan dan Perbankan (AKPM) dan Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah memperoleh persetujuan Mendiknas  R.I. melalui Surat Keputusan Mendiknas RI Nomor. 94/D/O/2008, tentang  Pengembangan Program Studi di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Riau menjadi Universitas yang diberi nama Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

Sejalan dengan perkembangan tersebut upaya-upaya berupa rintisan fakultas semakin diintensifkan dengan memulai memprogramkan tenaga pengajar untuk studi lanjut S2 dan S3, pembenahan manajemen, pengadaan peralatan laboratorium, dan studio, sebagai suatu syarat berdirinya Fakultas Teknik, sehingga Fakultas Teknik pada awalnya mempunyai  3 program studi yaitu;

o  Program studi Teknik Otomotif (D3)

o  Program studi Teknik Mesin (S1)

o  Program studi Teknik Industri (S1)

Mulai tahun 2008 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau berbenah diri dan dengan upaya dan kerja keras Pimpinan Fakultas Teknik beserta Tim Promosi Fakultas sehingga sampai sekarang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau telah mencapai jumlah 910 orang.

Untuk menunjang program tri dharma perguruan tinggi maka Fakultas Teknik saat ini memiliki staf pengajar yang terdiri  atas, S2=17 orang, S3 = 2 orang, staf administrasi 2 orang, laboran dan teknisi  2 orang.